8 TIPS MENGELOLA KEUANGAN UNTUK KASIR BAGI PEMULA

8 TIPS MENGELOLA KEUANGAN UNTUK KASIR BAGI PEMULA

Tips Mengelola Keuangan Kasir– Dalam kehidupan sehari hari uang sangatlah penting terutama untuk kebutuhan kita disetiap harinya, kita dapat memiliki apa yang kita inginkan dimasa depan. Kita seakan-akan memiliki kebahagiaan tersendiri saat kita memegang uang apalagi kalau hasil usaha kita sendiri.

BACA JUGA: MANFAAT MENGGUNAKAN APLIKASI KEUANGAN

Namun, disaat ketika kita memegang uang tidak lupa untuk menabung janganlah kita boros dalam memegang uang. Hal yang harus kita ketahui adalah bagaimana kita mengatur/mengelola keuangan kas itu sendiri.

8 TIPS CARA MENGELOLA KEUANGAN MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK KASIR

1. CUKUP 1 ORANG YANG MENGELOLA

Dalam mengelola uang, sebaiknya hanya satu orang saja yang mengelola, jangan sampai ada yang lebih dari 1 orang. Jika terjadi, akibatnya bisa kebingungan saat terjadi salah pengelolaan, akan kesulitan. Maka siapa yang akan bertanggung jawab.

Selanjutnya, kita harus memastikan kalau orang yang mengelola manajemen keuangan tersebut benar-benar kompeten, jujur dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan.

DOWNLOAD APLIKASI PC/KOMPUTER KASIR TOKO, KLIK DISINI!!!

2. MENGHITUNG UANG BERKALI KALI

Disaat anda menerima uang dari pelanggan yang membayar dengan uang cash, maka anda harus hitung kembali uangnya serta hitung juga kembalianya sampai teliti. Hal tersebut ini harus kita terapkan. Rajin-rajinlah anda menghitung berkali kali dan cocokan data dari aplikasi kasir tersebut.

3. MEMANFAATKAN APLIKASI KASIR

Mempunyai petugas kasir yang kompeten tidak akan lengkap, jikalau tidak memiliki kemampuan sendiri untuk menjalankan aplikasi kasir dengan mahir. Kamu biasanya hanya mencatat uang yang kamu terima dari pelanggan.

Nggak hanya itu, tetapi kamu bisa menarik saldo yang kamu terima dari transaksi online dan menentukan jumlah saldo yang ingin kamu tarik ke rekening tujuan.

4. MENYIAPKAN UANG KECIL YANG CUKUP

Masalah terberat saat kita mengelola uang kas adalah ketiadaan uang kecil, sehingga jika kejadian ini terjadi, kamu harus menukar uang terlebih dahulu, bahkan saat dalam keadaan terdesak dapat menggunakan uang pribadimu sendiri sebagai uang kembalianya.

Oleh karena itu, kamu harus selalu menyiapkan uang kecil untuk kembalian yang pas. Selain itu untuk memperlancar transaksi supaya tidak membuat uang kas kamu berantakan.

5. LATIH PEGAWAI KAMU

Kamu butuh ketelitian dan cara-cara penanganan yang tepat, agar kas yang dikasir kamu bisa punya jumlah yang sesuai dengan apa yang tercatat di aplikasi kasir kamu. Sehingga pengelolaan kasir bisa tepat dan nggak asal-asalan.

Kamu bisa memulai mengajari tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi kasir kamu, sehingga pegawai kasir kamu bisa mengelola kas keluar hingga membuka dan menutup kasir dengan baik.

6. MENCATAT HASIL PEMASUKAN & PENGELUARAN

Hal ini mungkin kelihatan sepele, namun faktanya ini wajib untuk selalu dicatat. Karena catatan tersebut adalah salah satu cara mengatur keuangan kasir. Ini akan berguna untuk mengawasi segala pengeluaran dan pemasukan dengan tujuan mengurangi resiko pengeluaran yang tidak wajar.

7. PISAHKAN UANG PRIBADI & UANG KAS KASIR

Meski kamu adalah pegawai kasir, bukan berarti anda bebas menggunakan uang kasir untuk dipakai keperluan pribadi. Agar uang tersebut tetap berpisah, kamu bisa menggunakan rekening bang untuk menyimpan uang yang ada dan uang pengelolaan kasir.

8. MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN

Ini sangat diperlukan ketika seorang pegawai kasir dalam mengelola keuangan. Baik besar/sedikit skala keuanganya. Laporan ini adalah catatan informasi didalam suatu perusahaan pada suatu periode tertentu, Ini akan membantu mempermudah kamu dalam mengelola keuangan kasir.

BACA JUGA: MANFAAT MENGGUNAKAN APLIKASI KEUANGAN

Demikianlah cara-cara mengelola keuangan kas kasir yang harus kita pelajari, kalau kita ketahui kas kasirlah yang memiliki tugas mengelola keuangan dan bertanggung jawab atas penerimaan uang tunai dari pembelian barang.

Maka dari itu, kita harus ketahui bahwa kasir toko adalah salah satu profesi tertangguh yang bisa kita lakukan an kita coba. Semoga informasi diatas bisa anda pahami dan menjalankanya dengan baik untuk menjadi pegawai pengelola keuangan kas kasir. Terima Kasih.