Powerbank Kamu Cepat Rusak? Ini Dia Penyebabnya!

Powerbank Kamu Cepat Rusak? Ini Dia Penyebabnya!

Kini ponsel sangatlah penting terutama digunakan untuk menunjang komunikasi bagi semua orang. Namun, terkadang kapasitas baterai ponsel yang dimiliki membuat pengguna ponsel jadi tidak maksimal.

Salah satu cara untuk mengatasi ponsel yang baterainya cepat habis yaitu dengan menggunakan power bank. Power bank merupakan perangkat aksesoris gadget penting saat ini. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengisi ulang daya baterai ketika tidak menemukan sumber arus listrik atau lupa tidak membawa charger.

Meskipun begitu, power bank juga bisa rentan mengalami kerusakan, khususnya karena beberapa alasan berikut ini!

Baca Juga: Tips Menjaga Smartphone Supaya Awet

5 Pertanda Power Bank yang Cepat Rusak

Sebenarnya, ada beberapa langkah mudah untuk mengetahui power bank yang dimiliki dalam kondisi rusak atau tidak bisa digunakan lagi. Setidaknya, pertanda-pertanda tersebut ada lima yang perlu kita ketahui berikut ini.

1. Terlalu Sering di-Charger

Cara pertama yang dapat diperhatikan adalah dengan melihat berapa lama waktu pengisianya.

Seperti dengan ponsel, power bank juga harus melakukan charging jika ingin penuh, namun proses charging yang terlalu lama juga bisa menyebabkan masalah pada power bank.

Namun, harus di ingat kalau power bank memiliki perhitungan untuk siklus pengisian ulang. Setiap kali kamu mengisinya, perhitungan tersebut akan berkurang.

Disini yang perlu dilakukan adalah coba ganti kabel untuk penghubung isi daya. Jika masih tidak berfungsi, maka bisa dipastikan power bank tersebut rusak.

2. Terlalu Berlebihan saat Mengisi Daya

Proses charging biasa dilakukan pada saat kondisi daya power bank memang belum penuh. Tentu tujuan dari proses charging adalah untuk memenuhi daya pada power bank sehingga bisa kamu gunakan sesuai fungsinya.

Tetapi banyak orang yang melakukan kesalahan dalam pengisian daya power bank saat daya-nya sudah penuh. Entah, diakibatkan karena memang kelupaan atau bagaimana. Beban muatan berlebih juga berpotensi memicu kerusakan pada power bank kamu.

3. Cepat Panas

Adanya suhu yang meningkat biasanya disebabkan karena akumulasi penggunaan yang sangat tinggi. Saat power bank dalam kondisi panas. Anda jangan memaksa untuk menggunakannya. Hal ini akan berdampak pada arus pengisian di ponsel menjadi tidak normal.

4. Cepat Habis saat Digunakan

Ciri ciri yang selanjutnya adalah mengenai baterai yang cepat habis saat digunakan. Dalam hal ini, kamu dapat mengecek-nya dengan mudah. Yaitu, dengan mengisi daya ulang dalam beberapa jam. Kemudian, gunakan power bank saat mengisi daya baterai HP kamu. Perhatikanlah, apakah power bank tersebut mati saat digunakan lebih cepat dari waktu sebelumnya atau waktu idealnya. Jika hal itu terjadi, maka bisa saja itu jadi ciri ciri power bank yang rusak.

5. Produk Tidak Jelas

Ciri ciri power bank rusak yang terakhir adalah ketika kita membeli power bank. Namun, kualitasnya buruk. Jadi, harus dihindari power bank yang produk atau brand-nya tidak jelas.

Kamu harus pintar dalam membeli power bank dengan produk yang sudah terjamin. Tentunya yang tepat juga kualitasnya biar sama sama baik dan aman saat digunakan.

Baca Juga: Tips Menjaga Smartphone Supaya Awet

Ada banyak penyebab yang dapat membuat power bank mengalami kerusakan dengan mudah. Oleh sebab itu, harus lebih bijak lagi dalam membeli dan memilih produk yang tepat, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian Trims Kasih.