Pendapatan Tunai Menggunakan Software Akuntansi

Bagikan Halaman Ini :

Pendapatan Tunai Menggunakan Software Akuntansi – Terdapat beberapa sumber yang menjelaskan mengenai definisi dari pendapatan, diantaranya adalah menurut FASB dalam SFAC No. 6, IAI yang mengadopsi definisi dari IASC, dan APB No. 4,  dari beberapa sumber tersebut terdapat beberapa karakteristik yang membentuk pengertian pendapatan & untung. Karakteristik tersebut ialah kenaikan aset, operasi utama berlanjut, penurunan kewaiban, suatu entitas, produk perusahaan, pertukaran produk, menyandang beberapa nama, & mengakibatkan kenaikan ekuitas.

Pendapatan Yang Dikelola dengan Baik Akan Menghasilkan Perusahaan yang Maju

Pendapatan dapat diadakan apabila terjadi suatu transaksi/kejadian yang menaikkan aset atau menimbulkan aliran masuk kas. Paton & Littleton menyebutkan transaksi, kejadian & peristiwa yang dapat menambah aset, diantaranya: transaksi pendanaan yang berasal dari kreditor dan investor, laba yang berasal dari kegiatan investasi, misalnya penjualan aset tetap, hadiah, donasi atau temuan, revaluasi aset yang telah ada, dan penyediaan atau penyerahan produk (barang/jasa). Pendefinisian pendapatan sebagai kenaikan aset merupakan pendefinisian dengan konsep aliran masuk.

Software Bel

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Pendapatan Tunai Menggunakan Software Akuntansi

Pendapatan tunai adalah menu yang digunakan untuk mencatat proses transaksi akuntansi yang berupa pendapatan tunai. Transaksi pendapatan tunai dapat berupa penjualan harta lancar maupun pendapatan. Apabila transaksi pendapatan tunai yang berupa penjualan harta lancar, maka dibutuhkan akun dari kelompok akun harta lancar. Apabila pendapatan tunai dari pendapatan maka yang dibutuhkan adalah akun dari kelompok penghasilan.

Software Akuntansi Keuangan Sekolah Menu Pendapatan Tunai

Pendapatan diakui jika sudah terjadi penjualan. Jika saat kontrak dilakukan ada pembayaran di muka, maka harus diakui sebagai kewajiban sampai barang atau jasa diserahkan kepada pembeli.

Pendapatan merupakan elemen penting dalam suatu transaksi. Karena pendapatan akan menentukan jumlah keuntungan perusahaan pada periode tersebut. Untuk itu, pencatatan pendapatan haruslah dicatat dengan teliti dan benar. Untuk menghindari terjadinya suatu kesalahan pencatatan data pendapatan, dapat digunakan sebuah alat bantu yakni software akuntansi.

Baca Juga : Software Aplikasi Akuntansi Keuangan Perusahaan Terbaik

Software Akuntansi dapat membantu anda untuk lebih teliti dan cepat dalam melakukan sebuah laporan keuangan. Dengan menggunakan Software Akuntansi, kesalahan pencatatan dapat dilacak dengan cepat sehingga tidak perlu lagi mengecek tiap laporan satu per satu. Juga apabila terjadi suatu kesalahan & dibetulkan, maka laporan-laporan keuangan selanjutnya akan secara otomatis berubah sesuai dengan data yang sudah dibetulkan.

ITBrain Indonesia sebagai salah satu penyedia software akuntansi terbaik di Indonesia, akan membantu anda untuk membuat laporan keuangan secara lebih cepat, cermat dan efektif guna menghasilkan laporan keuangan yang  akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ingin Tahu Lebih Kelola Pendapatan Tunai Menggunakan Software Akuntansi Terbaik Kami? Simak Video Dibawah Ini

Bagikan Halaman Ini :