Muncul Banyak Iklan di Ponselmu? Ini Dia Penyebabnya

Muncul Banyak Iklan di Ponselmu? Ini Dia Penyebabnya

Ponsel menjadi benda terpenting dalam aktivitas sehari-hari. Tak hanya untuk urusan komunikasi saja, ponsel juga digunakan untuk urusan pekerjaan dan pembelajaran.

Namun apa jadinya apabila suatu saat tiba-tiba muncul iklan pada ponselmu? Tentunya hal ini menjengkelkan dan mengganggu kenyamanan ketika kamu sedang melakukan hal penting atau bermain game.

Biasanya, iklan yang muncul ini disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, lho! Sudah tahukah kamu apa itu penyebabnya?

BACA JUGA: 7 TIPS MENJAGA SMARTPHONE SUPAYA AWET

5 Penyebab Munculnya Banyak Iklan di Ponsel

1. Membuka Situs Tertentu

Kamu harus ekstra berhati-hati apabila membuka situs tertentu yang bahkan tak jelas. Bisa saja situs tersebut justru menjadi penyebab mengapa ponselmu jadi banyak sekali iklannya. Bisanya, situs yang mengandung hal tersebut akan memiliki pop up ads yang sering kali tidak sengaja ditekan.

jika tak sengaja menekan pop up ads tersebut, maka biasanya iklan-iklan akan secara random muncul pada ponsel. Jelas ini akan sangat mengganggu, apalagi jika konten iklannya mengandung maknya yang negatif.

2. Disusupi Malware

Malware memang menjadi musuh tersendiri dalam perangkat elektronik. Risiko malware ini bisa disebabkan karena banyak sekali hal sehingga membuat ponselmu jadi rentan bermasalah dan disusupi oleh banyak iklan di dalamnya.

Risiko disusupi malware ini bisa kamu atasi dengan mengunduh apliksi untuk memberikan cache, sekaligus malware. Meski demikian, ada pula yang sampai terpaksa harus diservis karena terlalu berat serangan malware-nya.

3. Iklan Bawaan dari Sistem

Beberapa jenis ponsel memang ada yang menawarkan tipe yang di dalamnya berisi iklan bawaan sistem. Kerap kali hal ini dijadikan alasan mengapa harga ponselnya bisa lebih murah sebab iklan yang ada di dalamnya.

Namun tentunya kamu akan merasa kesal apabila iklan tersebut tiba-tiba muncul pada saat sedang melakukan aktivitas pada aplikasi atau memainkan game. Untuk yang satu ini, tidak banyak cara yang bisa kamu lakukan selain mengecek apakah tersedia pengaturannya atau tidak.

4. Download Game Gratis

Sudah menjadi sesuatu yang umum kalau game atau aplikasi gratis yang menawarkan berbagai fitur biasanya akan menggunakan iklan untuk menghasilkan uang sebagai bentuk monetisasi.

Mengunduh game atau lagu secara ilegal jelas akan melanggar hak cipta sekaligus menyebabkan masalah pada ponsel. Salah satunya akan menyebabkan munculnya pops up ads secara sembarangan sehingga ponselmu pun jadi lebih sering memunculkan iklan.

5. Ada Virus

Penyebab ada iklan yang muncul di Ponsel yang terakir yaitu virus.

Virus di Ponsel yang muncul dalam bentuk iklan disebut adware. Iklan ini menyerang sistem dan muncul tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Adware tidak hanya menyerang Ponsel, tetapi juga bisa menyusup ke komputer atau laptop anda.

BACA JUGA: 7 TIPS MENJAGA SMARTPHONE SUPAYA AWET

Ternyata, hal-hal di atas menjadi penyebab dari banyaknya iklan bermunculan di ponselmu. Yang terpenting, kamu harus bijak dalam menggunakan ponsel dan jangan mengakses konten negatif. Semoga informasi berguna dan bermanfaat untuk anda. Terima Kasih.