Fungsi Akuntansi dalam Bisnis

Bagikan Halaman Ini :

Fungsi Akuntansi dalam Bisnis – saat ini akuntansi memiliki peran yang sangat penting terutama dalam dunia bisnis. Hal ini karena setiap pengambilan keputusan haruslah berdasarkan informasi keuangan yang tepat dan akurat pada perusahaan tersebut.

Peran penting tersebut tentunya juga dapat dikatakan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap dana yang sudah dipercayakan oleh para pemegang saham atau investor. Sehingga adanya akuntansi bisa menjadi faktor penentu kemajuan suatu perusahaan. Namun, pahamkah anda apa fungsi penting akuntansi dalam dunia bisnis?

Fungsi Akuntansi dalam Dunia Bisnis

Dalam kelangsungan bisnis sebuah perusahaan, akuntansi berperan menyediakan berbagai informasi dan jawaban yang berhubungan dengan segala macam bentuk kegiatan keuangan. Sehingga akan memudahkan Anda sebagai pemilik perusahaan untuk mengukur kondisi keuangan.

Selain peran penting tersebut, akuntansi juga memiliki enam peran penting lainnya, diantaranya:

1. Penginputan

Akuntansi akan memberikan input berupa transaksi seperti peristiwa ataupun kejadian yang dapat menimbulkan perubahan dana pada suatu perusahaan.

2. Pemrosesan

Setelah penginputan, akuntansi akan melakukan proses pengelolaan data untuk memberikan hasil yang berkualitas. Umumnya proses berupa pencatatan jurnal serta pemindahbukuan.

3. Pengoutputan

Setelah pemrosesan, maka akuntansi akan menyajikan informasi transaksi sesuai dengan kebutuhan para pengguna, sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan untuk masa depan bisnis dapat ditentukan.

Baca juga : Cara Mudah Mengelola Toko dengan Software Kasir Android Offline

4. Pengambilan keputusan untuk para investor

Pihak eksternal seperti investor tentu memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan yang mereka investasikan. Sehingga mereka dapat mengukur apakah perusahaan tersebut dapat memberikan timbal balik berupa keuntungan atau tidak. Jika perusahaan tersebut memiliki kondisi yang baik, maka bukan tidak mungkin investor akan lebih banyak menginvestasikan keuangannya.

5. Pengendali keuangan

Melalui akuntansi, Anda bisa memperkirakan apakah perusahaan yang didirikan sudah memiliki peningkatan keuangan atau belum. Apabila keuntungan yang didapat belum maksimal, maka akuntansi dapat ditempatkan sebagai alat pengendali keuangan. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi dari performa bisnis selama ini.

6. Informasi alokasi sumber daya

Setiap perusahaan tentunya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya yang sudah digunakan selama ini. Informasi tersebut bisa didapatkan dari akuntansi. Dengan pembaharuan yang dilakukan secara rutin, maka perusahaan bisa menetapkan kebijakan pajak dan dasar penyusunan pendapatannya.

Software Akuntansi ITBrain Indonesia

Selain informasi di atas, masih banyak kemudahan yang akan anda peroleh dalam Akuntansi. Kelebihan dari Software Akuntansi kami adalah bisa membantu anda menjaga aset bisnis yang ada. Karena semua kekayaan bisnis dapat direkam dalam Aplikasi Akuntansi yang kami buat. Sehingga anda sebagai pemilik/pengelola akan jauh lebih tenang dalam mengelola bisnis anda.

Dengan Software Akuntansi ini, maka semua pengelolaan stok barang anda akan jauh lebih terukur dan mudah dalam pengecekan. Semua transaksi pembelian dan penjualan yang terjadi dalam bisnis anda akan jauh lebih terekapitulasi dengan baik. Sehingga anda akan sangat mudah mengeceknya.

Dengan Software Akuntansi kami ini, anda juga dapat memasukkan semua rekapitulasi data keuangan yang ada, sehingga akan terbuat neraca keuangannya dan anda akan jauh lebih mudah mengetahui berapa kekayaan bisnis anda sebenarnya.

SOFTWARE AKUNTANSI HUTANG PIUTANG

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :