Cara Memulai Usaha Toko Sembako Sederhana Di Rumah | Tips Memulai Toko sembako.            

Cara Memulai Usaha Toko Sembako Sederhana Di Rumah | Tips Memulai Toko sembako.            

Cara Memulai Usaha Toko Sembako Sederhana Di RumahSedang mencari usaha mudah, Modal sedikit, Bisa di jalankan di rumah ?, Mungkin membuka usaha sembako bisa menjadi pilihan nih bagi kamu-kamu yang pingin buka usaha kecil-kecilan.

Walaupun hanya usaha kecil-kecilan, Bukan berarti pendapatan yang dihasilkan oleh usaha toko sembako juga ikut kecil, bagaimana tidak? Setiap orang atau setiap rumah tangga pasti membutuhkan sembako. Artinya, permintaan tak bakal putus.

Banyak orang mengira bahwa membuka sebuah warung sembako membutuhkan modal yang sangat besar. Anggapan itu tidak selalu benar.

Sebenarnya dengan modal hanya Rp 10 juta saja, kamu sudah bisa membuka sebuah toko sembako. Dan tentu saja bisa tetap mendapatkan untung besar. Di tambah lagi saat ini banyak orang orang yang kehilangan pekerjaan dikarnakan wabah dan pandemic virus corona.

Selain itu, membuka toko sembako juga sangatlah fleksibel, kamu bisa memanfaatkan garasi rumah atau ruang yang gak terpakai di rumah. Bagi yang sudah berumah tangga, kamu juga bisa lho mengurus anak seraya melakukan aktivitas berjualan di toko sembako.

Jika kamu juga tidak memiliki lahan untuk membuka nya, Kamu bisa Berjualan Online di platform jual beli online atau kamu juga bisa berjualan di website kamu sendiri dengan bantuan kami, ITbrain untuk membuatkan Website yang cocok untuk toko kamu!

Sudah Mulai Penasaran ? sebelum membahas bagaimana Cara Memulai Usaha Toko Sembako Sederhana Di Rumah, Yuk sekarang kita bahas dulu kelebihan dari membuka toko sembako supaya kamu ga bingung !

Kelebihan memulai usaha toko sembako 

Jangan menganggap remeh usaha sembako, meski disebut sebagai bisnis berskala kecil, tapi ada banyak keuntungan yang bakal didapat buat pemiliknya. Apa saja?

  1. Fleksibel

Seperti yang di bahas di atas, Membuka toko sembako sangatlah fleksibel kamu bisa memanfaatkan garasi rumah atau ruang yang gak terpakai di rumah. Bagi yang sudah berumah tangga, kamu juga bisa lho mengurus anak seraya melakukan aktivitas berjualan di toko sembako.

Bahkan di zaman sekarang Kamu juga bisa membuka toko online di website mu dengan bantuan kami ITbrain, Kamu bisa memiliki website toko sembako mu sendiri loh!

  1. Modal kecil 

Membuka usaha sembako gak terlalu membutuhkan modal yang besar. Pertama, kamu gak perlu menyewa ruko yang besar, cukup di depan rumah juga sudah bisa jalan.

Kedua, kulakan barang dagangannya juga gak mahal-mahal kok, tapi kamu harus jeli melihat distributor sembako mana yang menawarkan harga terbaik.

  1. Pembeli Selalu Ada

Seperti yang kami jelaskan di atas juga, Setiap orang atau setiap rumah tangga pasti membutuhkan sembako. Artinya, permintaan tak bakal putus.

Dan juga bahan-bahan Sembako tersebut adalah komoditas yang selalu dibutuhkan masyarakat sehari-harinya.

Beras, gula, garam, minyak goreng, pasti bakal dibutuhkan setiap rumah tangga, jadi jangan takut kehilangan pembeli.

Belum lagi, harga di toko kelontong yang murah bikin banyak warga lebih senang untuk belanja kebutuhan pokok di sini ketimbang di supermarket.

  1. Terjangkau oleh semua orang 

Karena harganya yang murah itu, warung sembako bisa dijangkau oleh semua kalangan. Bahkan, buat orang yang berpenghasilan di bawah rata-rata saja juga tetap bisa berbelanja di sini.

Mereka bisa membeli dengan kuantitas yang disesuaikan dengan kantong, misalnya beli beras hanya satu kilogram atau beli telur cuma satu butir.

Sementara itu kalau di supermarket, sudah ada pakem kuantitas barang yang harus mereka beli untuk produk-produk sembako.

Misalnya aja kalau mau beli beras harus 5 kilogram karena yang disediakan paling sedikit paket beras kantongan isi 5 kilogram, gula harus 1 kilogram, telur ayam kampung isi 6 butir, dan lain sebagainya.

  1. Usaha yang bisa terus dikembangkan bahkan hingga mejadi usaha grosir sembako

Usaha Bejenis ini akan selalu berkembang tergantung ke arah mana kamu mengarahkannya dan menyukseskannya, Bisnis sembako kamu bisa berkembang jadi usaha supermarket kamu sendiri ataupun menjadi toko grosir besar untuk kebutuhan pasar

  1. Bisa menentukan harga sendiri 

Kelebihan lainnya bagi pemilik usaha sembako adalah bisa menentukan perbedaan harga atau margin keuntungan sendiri.

Tentu penentuan harga ini harus disesuaikan dengan harga-harga sembako di pasaran. Jangan mematok harga yang terlalu mahal, namun juga jangan terlalu murah.

JIka disitu ada kelebihan disitu juga pastinya juga terdapat kekurangan di dalamnya karna kesmempurnaan hanyalah milik tuhan semata

Kekurangan memulai usaha toko sembako 

  1. Harga barangnya naik turun 

harga sembako ditentukan berdasarkan harga pasaran. Komoditas seperti beras, telur, dan minyak goreng tidak memiliki harga tentu dan pasti setiap musimnya, kadang bisa tinggi, kadang juga bisa turun banget.

  1. Dekat dengan pesaing 

Pemiliki bisnis sembako biasanya membuka usaha di pemukiman padat penduduk dan biasanya gak cuma satu saja, tetapi juga ada beberapa warung di satu daerah. Jadi secara gak sadar, persaingan akan semakin ketat.

Meski kekurangannya cuma itu saja, kalau kamu gak kuat menghadapinya, bisa-bisa bisnis langsung bangkrut hanya dalam hitungan beberapa tahun saja.

Kalau itu menjadi usaha rumahan yang sifatnya selingan sih gak terlalu masalah, tapi bagaimana kalau ini menjadi sumber nafkah utama? Sayang banget kalau langsung bangkrut begitu saja.

Sudah lama menunggu? wkwwkwk  Inilah

Cara Memulai Usaha Toko Sembako Sederhana Di Rumah

  1. Tetapkan harga yang masuk akal 

Alasan kenapa masyarakat lebih memilih warung sembako kecil-kecilan daripada supermarket adalah bisa beli eceran dan harganya lebih murah.

Jadi kalau gak mau kehilangan pelanggan, jangan mematok harga yang mahal-mahal. Ambil keuntungan secukupnya atau tidak jauh dari harga pasaran agar pembeli tetap loyal.

  1. Gunakan Software Toko untuk Membantu usaha kamu

Software Toko merupakan media yang cocok untuk membantu manajemen toko, baik itu toko kelontong atau toko kecil, toko bangunan, toko grosir yang melayani penjualan partai namun tidak termasuk eceran serta jenis-jenis toko yang lain. Dengan adanya software toko yang kami produksi, kami harapkan akan membawa manfaat bagi yang tertarik menggunakan.

Mengapa Harus Menggunakan Software Toko?

  •  Banyak dicari / diincar oleh pengusaha ritel seperti toko, rumah makan, apotek, dll.
  •  Berperan sebagai alat bantu penjualan sederhana namun mencakup fungsi yang lengkap.
  •  Bisa dikombinasikan dengan perangkat keras pendukung seperti Barcode Scanner.
  •  Bisa menampilkan harga dan bentuk barang pada customer display.
  •  Mampu memproses diskon atau harga khusus pada jam tertentu (happy hour).
  •  Sebagai alat bantu marketing untuk mengembangkan usaha termasuk pendapatan.

Dengan menggunakan aplikasi toko ini maka pihak toko akan dengan sangat mudah mengontrol usaha tokonya. Semua pembelian dan penjualan dapat tercatat dengan baik. Pemilik toko dapat dengan mudah melihat hasil Data Barang seperti Laporan Penjualan Barang, Laporan Pembelian Barang, Paporan Retur Penjualan Barang, Laporan Retur Pembelian Barang, Stok Opname Barang, Laporan Pendapatan, Laporan Asset Toko yang ada. Aplikasi Toko ini juga masih dilengkapi dengan fasilitas lihat harga bagi pegawai sehingga jika ada konsumen yang bertanya harga maka pihak toko bisa segera memberikan informasi harga barang tersebut.

  1. Berikan keunggulan dibanding pesaing

Tak melulu harus berlomba dengan membesarkan modal agar tak kalah saing, kamu bisa memberikan sedikit inovasi agar berada di atas pesaing. Inovasinya pun tak perlu membutuhkan uang banyak, misalnya menjual bahan makanan secara online sehingga menjangkau pembeli yang agak jauh lokasinya dari tokomu, lalu kamu juga bisa menawarkan jasa delivery.

  1. Berinovasi

Sekarang Sudah zamannya Jualan online, Kamu juga bisa loh jualanin online barang-barang sembako mu, Tinggal cari platform yang cocok untuk berjualan Atau kamu juga bisa Membuat website sendiri dengan bantuan ITbrain loh.

  1. Kesampingkan gaya hidup

Agar fokus berjualan, ada baiknya untuk mengesampingkan gaya hidup meskipun kamu sudah sukses menjadi pengusaha sembako. Meskipun sudah meraup untung yang besar, kamu harus tetap memiliki gaya hidup seperti saat kamu pertama kali membuka toko sembako.

Alihkan keuntungan untuk membesarkan toko dan menabung daripada meningkatkan gaya hidup.

 

Bagaimana ? Itulah sedikit tips dan Cara Memulai Usaha Toko Sembako Sederhana Di Rumah

Semoga artikel ini membantu terimakasih 😊