Tujuan dan Fungsi Akuntansi dalam Bisnis Perusahaan

Bagikan Halaman Ini :

Tujuan dan Fungsi Akuntansi – Di dunia ini, tentu tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan akuntansi dalam bisnis mereka. Dengan akuntansi anda bisa lebih jeli menentukan penjualan per produk hingga pengawasan dan pengontrolan akan budget operasional.

Tak hanya perusahaan saja yang membutuhkan akuntansi namun juga organisasi nirlaba hingga pemerintah pun memerlukan akuntansi untuk mengatur keuangan mereka.

Seiring berjalannya waktu akuntansi Indonesia berkembang dan memiliki standar akuntansi  sendiri yang disebut dengan Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang sebelumnya juga menerapkan prinsip GAAP pada tahun 1975an.

Kini PSAK pun mulai dikonversikan dengan mengikuti standar IFRS atau International Financial Reporting Standar yang mulai diadopsi sejak tahun 2008 silam.

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Tujuan dan Fungsi Akuntansi dalam Bisnis Perusahaan

Tujuan dan Fungsi Akuntansi

Tujuan Akuntansi

Tujuan adanya ilmu ini tentu saja untuk membantu bisnis anda khususnya dalam hal keuangan. Adanya akuntansi anda bisa mendapatkan informasi kuantitatif yang transparan dan dipertanggung jawabkan.

Akuntansi juga sebagai salah satu cara untuk menentukan keadilan dalam problematika bisnis. Misalnya saja dalam berdagang, menghitung gaji pegawai, pelaporan perpajakan hingga deviden untuk para pemegang saham. Ini artinya akuntansi tak hanya dibutuhkan dari pihak internal perusahaan saja namun juga pihak eksternal.

Baca Juga : 5 HAL PENTING DALAM AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Fungsi Akuntansi

Tak hanya berhenti disitu saja akuntansi juga membawa pengaruh besar dalam bisnis anda. Beberapa fungsi akuntansi yang perlu anda ketahui bisa disimak dibawah ini :

1. Dasar Pertimbangan Keputusan Bisnis

Akuntansi menyediakan informasi perusahaan anda secara mendetail mulai dari transaksi, persediaan, asset, margin hingga kewajiban hutang piutang anda. Dari sinilah anda juga terbantu untuk menentukan berapa banyak bahan baku yang akan anda beli, mampukan anda dalam menanggung hutang demi ekspansi perusahaan dimasa mendatang dan lain sebagainya.

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

2. Perencanaan, Pengontrol dan Pengawas Persediaan

Seperti yang kita ketahui bahwa informasi akuntansi ini mencakup informasi dari beberapa departemen tanpa terkecuali bagian persediaan. Adanya akuntansi dapat membantu anda dalam mengontrol persediaan.

Tak hanya itu anda juga bisa melakukan perencanaan dan proyeksi persediaan yang tepat untuk bulan berikutnya. Bukan hanya pengawas, pengontrol sistem persediaan saja namun juga aktivitas bisnis lainnya seperti piutang.

3. Menentukan Laba – Rugi Perusahaan

Akuntansi juga diperlukan untuk menentukan profit atau loss yang dimiliki perusahaan. Terkadang bisnis tak selalu berjalan mulus. Adanya fluktuasi dan berbagai hal mampu mempengaruhi bisnis anda dan biaya operasionalnya. Tentu saja untuk menentukan laba rugi perusahaan diperlukan informasi yang mendetail dan terupdate.

Baca Juga : MENGELOLA PIUTANG DAGANG EFEKTIF YANG SOFTWARE AKUNTANSI

4. Informasi Keuangan Perusahaan

Adanya akuntansi akan mempermudah anda dalam mendapatkan laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan ini juga dibutuhkan oleh pihak pemegang saham serta pemerintah. Bagi pemerintah laporan keuangan ini dasar penentuan pajak yang wajib anda bayarkan ke pemerintah.

Laporan keuangan biasanya terdiri atas laporan laba rugi, arus kas, perubahan modal, neraca dan catatan atas laporan keuangan itu sendiri.

5. Alokasi Sumber Daya Ekonomi

Tak hanya mampu sebagai pengontrol budgeting namun akuntansi juga bisa mengalokasi sumber daya ekonomi secara efektif dan efisien. Sumber daya ekonomi yang dimiliki perusahaan umumnya berupa tenaga kerja, peralatan, kendaraan, modal hingga bangunan.

Untuk mencegah pemborosan dan kerusakan yang terjadi di masa depan maka diperlukan akuntansi untuk membuat suatu kebijakan manajerial.

6. Alat Evaluasi Atas Kinerja Perusahaan

Akuntansi juga bisa digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan selama ini. dari evaluasi ini maka anda juga berkesempatan memperbaiki kekurangan atas kinerja perusahaan dimasa silam. Melalui evaluasi ini maka perusahaan juga mampu menyusun strategi kedepannya.

Misalnya saja dalam departemen pemasaran, mereka mampu menentukan strategi pemasaran mana saja yang lebih cocok diterapkan dalam produk mereka sehingga bisa mendongkrak penjualan yang ada.

Nah, itulah ulasan mengenai tujuan dan fungsi akuntansi dalam dunia bisnis perusahaan. Untuk semakin memudahkan anda dalam mengerjakan berbagai laporan akuntansi keuangan, anda dapat menggunakan Software Akuntansi buatan kami. Software Akuntansi kami dibuat & dikembangkan oleh programmer yang handal di bidangnya sehingga anda dapat dengan mudah mengoperasikaannya. Tunggu apalagi? Ayo order Software Akuntansi sekarang juga!

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT