Software Akuntansi Hutang Piutang

Bagikan Halaman Ini :

Software Akuntansi Hutang Piutang – Hutang piutang dalam dunia bisnis merupakan salah satu kegiatan atau transaksi yang sangat umum dilakukan. Kegiatan ini meliputi kegiatan pinjam-meminjam uang, kegiatan yang dapat menyokong kegiatan jual-beli komoditas, atau kegiatan yang dapat memengaruhi tambahan modal usaha.

Terdapat beberapa versi untuk memberikan istilah lain hutang piutang ini. Apabila anda pergi ke perbankan atau koperasi, anda akan mendengar sebutan perkreditan. Jika anda pergi ke perbankan syariah atau baitul maal, anda akan mendengar istilah pembiayaan. Dalam praktiknya, istilah perkreditan akan memiliki definisi yang lebih spesifik daripada hanya sekadar meminjamkan uang. Pasalnya perkreditan akan mengarah pada pemberian pinjaman dengan penambahan nilai pada pengembaliannya.

Akuntansi Hutang Piutang

Hutang piutang pada dasarnya melibatkan dua pihak sebagai subyek & obyek. Orang yang meminjamkan (pemberi pinjaman) disebut sebagai kreditur & orang yang meminjam disebut sebagai debitur. Kreditur diperankan baik oleh individu maupun perusahaan berbadan hukum.

Hutang berdasarkan akuntansi memiliki 2 penggolongan mendasar, yakni hutang jangka pendek dan hutang jangka panjang. Yang termasuk hutang jangka pendek meliputi hutang usaha, hutang giro, dan biaya yang masih harus dibayar. Yang termasuk hutang jangka panjang meliputi hutang leasing, obligasi dan hipotik.

Baca juga : APLIKASI PENJUALAN DAN STOCK BARANG TERBAIK

Kegiatan hutang piutang tidak hanya sekadar mementingkan mekanisme dalam meminjam dan memberikan pinjaman, tetapi juga harus memperhatikan cara yang tepat untuk mencatatnya dalam suatu pembukuan yang sistematis. Alhasil segala catatan itu akan memudahkan kedua belah pihak dalam mengendalikannya. Pencatatan hutang piutang sederhananya dapat digambarkan sebagai berikut ini:

  1. Bagi pihak debitur
    • Pengajuan pinjaman
    • Pengakuan dan pencatatan utang
    • Pembelian secara cicilan
    • Pencatatan pembayaran hutang
  2. Bagi pihak kreditur
    • Analisis pembiayaan
    • Pengakuan dan pencatatan piutang
    • Penjualan secara cicilan
    • Pencatatan penerimaan pembayaran piutang

Baca juga : SOFTWARE AKUNTANSI DAGANG LENGKAP UNTUK PEBISNIS PEMULA

Software Akuntansi Hutang Piutang

Melalui ulasan diatas, anda dapat mengetahui bahwa hutang piutang memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itulah pengelolaannya harus dilakukan dengan baik. Untuk dapat mengelolanya dengan baik, anda membutuhkan sebuah alat bantu yakni software akuntansi hutang piutang.

Software akuntansi hutang piutang merupakan sebuah aplikasi akuntansi pembukuan yang dapat membantu anda lebih mudah dalam mengelola transaksi hutang piutang dan berbagai transaksi lainnya. Software akuntansi hutang piutang memiliki fitur dan menu yang sangat sesuai dengan kebutuhan anda, sehingga dapat memudahkan anda dalam mengelola pembukuan dengan cepat, mudah dan efisien.

SOFTWARE AKUNTANSI HUTANG PIUTANG

>>> Download Aplikasi Akuntansi Hutang Piutang <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT