Manfaat Sistem Informasi Akuntansi (SIA) untuk Menentukan Strategi Bisnis Anda

Bagikan Halaman Ini :

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) – Memilih suatu strategi bisnis merupakan langkah yang penting, hal ini dilakukan untuk memfokuskan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Namun, memilih strategi bisnis bagi perusahaan juga banyak yang harus dipertimbangkan.

Kegiatan utama yang harus dilakukan adalah mendesain seluruh aktivitas organisasi, agar secara bersama-sama saling memperkuat satu dengan yang lainnya untuk memenuhi posisi strategis. Saat hal tersebut terjadi, maka perusahaan akan memperoleh sinergi. Sehingga, para pesaing akan sulit untuk meniru karena mereka harus melakukan banyak hal daripada hanya meniru. Bahkan perusahaan yang mencapai tingkat kesesuaian yang tinggi pada aktivitasnya tidak perlu khawatir untuk menjaga proses rahasia mereka.

Peran Sistem Informasi Akuntansi

Gambar terkait

Untuk mencapai kesesuaian yang baik antar aktivitas di perusahaan, dibutuhkanlah pengumpulan data dari setiap aktivitas yang terjadi. Hal lain yang juga penting adalah sistem informasi harus mengumpulkan dan mengintegrasikan baik data keuangan, maupun non-keuangan.

Menggunakan SIA dapat membantu organisasi memilih dan mempertahan strateginya. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi,2001).

Baca Juga : CARA MENGOPTIMALKAN MANAJEMEN ARUS KAS USAHA

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi

Berdasarkan uraian di atas diketahui bahwa SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Oleh karena itu perusahaan harus merancang SIA dengan baik.  Sehingga akan memperoleh manfaat yang dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi bisnis, seperti:

a. Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa

Sebagai contoh SIA dapat mengawasi mesin secara otomatis. Operator akan diberitahu jika proses yang berjalan melebihi dan kurang dari batas kualitas yang ditentukan. Hal ini dapat membantu perusahaan mempertahankan kualitas produk. Selain itu juga mengurangi jumlah bahan yang terbuang dan biaya untuk pengerjaan ulang.

b. Memperbaiki efisiensi

SIA yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda memperbaiki efisiensi suatu proses karena dapat memberikan informasi yang lebih tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan pendekatan produksi just in time membutuhkan informasi yang konstan, akurat dan up to date mengenai persediaan bahan baku mereka.

Baca Juga : PRINSIP SUKSES YANG WAJIB KAMU KETAHUI

c. Memperbaiki pengambilan keputusan

SIA dapat memperbaiki pengambilan keputusan dengan memberikan informasi dengan tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan ritel membuat database lengkap yang berisi informasi lengkap tentang transaksi penjualan setiap harinya. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat menganalisis produk yang banyak dicari, pola barang yang harus dibeli dalam jumlah banyak, dan juga dapat digunakan untuk memperbaiki tata letak barang agar penjualannya meningkat.

d. Berbagi pengetahuan

SIA yang dirancang dengan baik dapat mempermudah proses sharing atau berbagi pengetahuan dan keahlian. Selanjutnya dapat memperbaiki proses operasional perusahaan, dan bahkan dapat menjadi keunggulan kompetitif perusahaan.

Setelah mengetahui pentingnya sistem informasi akuntansi dan manfaat yang dapat diperolehnya, maka sekarang waktunya Anda melakukan hal tersebut. Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk merancang sistem informasi akuntansi untuk usaha yang sedang dijalankan sekarang. 

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT