Program Inventaris Barang, Untuk Manajemen Barang yang Lebih Mudah

Bagikan Halaman Ini :

Program Inventaris Barang – Inventaris atau inventarisasi barang adalah semua kegiatan dan usaha untuk memperoleh data yang diperlukan tentang ketersediaan barang-barang yang dimiliki dan diurus, baik yang diadakan melalui pembelian menggunakan anggaran belanja, maupun sumbangan atau hibah untuk diadministrasikan sebagaimana mestinya menurut ketentuan dan cara yang telah ditetapkan di masing-masing instansi.

Program Inventaris Barang

program inventaris barang

Program Inventaris Barang adalah program database untuk mengontrol transaksi penyerahan inventaris kepada pegawai, pengembalian inventaris dari pegawai dan mengontrol posisi inventaris setiap saat sehingga dapat diketahui bagaimana kondisi terakhir dari inventaris yang dimiliki.

Manfaat Menggunakan Program Inventaris Barang

Program Inventaris Barang

  • Mengurangi dan mencegah resiko hilangnya  barang baku  maupun barang yang dibutuhkan oleh perusahaan

Dalam kasusnya makin banyak perusahaan yang menyadari bahwa   proses pengontrolan terhadap  bahan baku khususnya yang ada di gudang sangat penting.  Hal ini juga berhubungan dengan keberhasilan suatu perusahaan.

Sebagian besar modal perusahaan akan tertanam dalam  bahan baku  atau persediaan sehingga  proses pengontrolan  tersebut sangat diperlukan untuk mencegah dan mengurangi resiko kehilangan bahan baku. Adanya persediaan yang cukup dalam gudang  karena pengontrolan yang tepat tentu saja membuat perusahaan menjadi mudah dalam proses produksi.

  • Mencegah jika  terhadap barang yang  dipesan  jika tidak baik sehingga perusahaan bisa mengembalikan  barang tersebut

Kadang perusahaan  melakukan pengadaan barang yang banyak dan sering barang yang dipesan tersebut tidak sesuai dengan permintaan. Karena proses produksi tidak bisa ditunda maka adanya persediaan  akan membantu perusahaan yang kekurangan bahan akibat pengembalian sebagian bahan baku karena tidak sesuai permintaan.

Baca Juga : SOFTWARE INVENTORY BARANG | APLIKASI GUDANG | PROGRAM STOCK BARANG

  • Mencegah inflasi atau kenaikan barang

Perusahaan bisa mempresiksi kapan bahan baku  naik dna kapan bahan baku yang dibutuhkan harganya turun. Ketika harga bahan baku di pasaran menurun,  perusahaan bisa membeli persediaan bahan baku dalam jumlah yang  besar.

Bahan baku tersebut bisa digunakan  sebagai persediaan  dimana ketika perusahaan membutuhkan tidak perlu lagi membeli. Persediaan yang ada tersebut juga bisa mencegah adanya inflasi atau kenaikan harga bahan baku. Jadi ketika bahan baku mengalami kenaikan yang cepat perusahaan tidak lagi pusing untuk membeli  bahan baku.

  • Penyimpanan bahan baku yang dihasilkan dalam musim tertentu sehingga  bahan baku    bisa didapatkan ketika  barang tidak tersedia di pasaran

Baca Juga : APLIKASI PENJUALAN TOKO TERBAIK, PROTOKOONE

Pentingnya Program Inventaris Barang

Kadang proses produksi terkendala adanya bahan baku yang  tidak tercukupi di  pasaran sementara permintaan konsumen tetap bahkan akan semakin bertambah. Perusahaan bisa saja membeli bahan baku yang dibutuhkan namun harganya jauh lebih mahal.

Ketika harga jual barang tidak mampu untuk dinaikkan dan harga bahan baku semakin meningkat, mau tidak mau perusahaan tetap produksi namun dengan  keuntungan yang sangat minim.  Sebagai solusi yang tepat, saat harga bahan baku turun  perusahaan bisa membelli bahan baku yang banyak untuk proses produksi dan juga untuk disimpan dalam gudang. Proses penyimpanan bahan baku tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kekosongan bahan baku saat musim tertentu.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE INVENTARIS BARANG, KLIK DISINI <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT