Prinsip Pendataan Barang (Inventaris)

Prinsip Pendataan Barang (Inventaris). Banyak bisnis yang gagal mengalami kesuksesan karena penghitungan keuangan termasuk laba rugi tidak dihitung dengan jelas. Dalam pengelolaan keuangan bisnis, hal-hal kecil yang sangat mendetail pun harus diperhatikan terlebih hal-hal yang cukup besar seperti inventaris. Inventaris sangat berkaitan dengan modal yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Jika ada barang inventaris yang rusak dan tidak dimasukkan dalam laporan keuangan, pemilik bisnis mungkin akan pusing memikirkan jumlah hitungan keuangan yang mungkin tidak seimbang. Tidak jarang laba mereka jadi berkurang karena perkara ini.

VIDEO
BELI
DOWNLOAD

BACA

Proses inventarisasi dahulu masih dilakukan secara manual sehingga ada banyak sekali lembar kertas yang digunakan sebagai catatan inventaris. Namun, cara ini tidak efisien sama sekali terlebih saat Anda ingin mencari data invertaris tertentu dari sekian banyak data yang ada. Waktu yang terbuang tersebut bisa berarti laba yang terbuang pula. Oleh karena, penerapa sistem manajemen inventaris berbasis komputer atau bahkan komputer tidak dapat ditolak. Fungsi utama penerapan sistem manajemen ini adalah efisiensi dari segi waktu baik dalam proses pembuatan maupun pencarian. Selain itu, kesalahan dalam inventarisasi bisa diminimalisir.

Rekap laporan tentunya juga akan jauh lebih mudah karena petugas tidak sulit menemukan data suatu inventaris. Pemilik usaha pun bisa mengecek kebenaran laporan yang diberikan dengan mudah. Software inventarisasi yang baik akan dilengkapi dengan fitur laporan untuk data barang, pengadaan barang, barang opname, dan jenis inventaris lainnya

Comments are closed.