4 Tips Mudah Mengelola Stok Barang yang Baik dan Benar

Bagikan Halaman Ini :

Mengelola Stok Barang – Stok adalah persediaan dari kumpulan barang. Stok bisa dikatakan baik apabila berada dalam tingkat paling ekonomis tanpa adanya suatu resiko. Resiko akan muncul jika diakibatkan oleh adanya suatu stok, dalam keadaaan seperti; biaya persediaan, kerusakan barang, kehilangan barang. Dalam menghadapi hal tersebut maka perlu ada nya manajemen stok barang.

Mengelola stok barang dengan baik dan benar harus diperlukan pemahaman bagaimana cara pengelolaan yang benar. Penting untuk setiap yang terlibat dalam manajemen stok barang memahami hal ini. Kesalahan dalam mengelola stock barang bisa mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit, apalagi stok barang yang bernilai tinggi. Oleh karena itu, terdapat beberapa cara untuk manajemen stok barang dengan baik dan benar. Adapun hal yang harus di perhatikan dalam manajemen stok barang dengan baik dan benar tersebut adalah sebagai berikut;

Mengelola Stok Barang yang Baik dan Benar

1. Penyimpanan Stok Barang

Mengelola Stok Barang dengan Baik dan Benar

Penyimpanan stok barang merupakan hal yang paling terpenting dalam pengelolaan barang, karena memelihara dan menjaga stok barang dalam kondisi normal dan baik harus diperhatikan. Hal-hal yang berkaitan dalam memelihara dan menjaga stok barang diantaranya seperti; suhu, temperature, kelembaban, kerbersihan serta keamanan yang terjamin. Selain itu, sistem penataan stok barang di tempat penyimpanan harus juga diperhatikan agar tidak menganggu jalannya proses dalam perputaran barang masuk ataupun barang keluar

2. Perawatan Stok Barang

Mengelola Stok Barang dengan Baik dan Benar

Selain menjaga penyimpaan stok barang, stok barang harus dilakukannya perawatan barang seperti melakukan pemeriksaan mutu barang jika masa simpan sudah mencapai waktu tertentu, dalam hal tersebut maka diterapkanlah prinsip 5R yaitu, Ringkas, Rapi, Resik, Rawat , Rajin.

3. Stok Opname Barang

Mengelola Stok Barang dengan Baik dan Benar

Stok Opname sering disebut juga stock take yang memiliki definisi sebagai salah satu cara untuk mengetahui stok yang ada dengan cara menghitung langsung fisik barang yang ada. Biasanya dibandingkan juga dengan stok administrasi. Jika ada selisih biasanya dilakukan penyesuaian (adjustment) antara stok fisik dan stok administrasi. Ada 2 jenis stok opname, yaitu menghitung selutuh stok yang ada sekaligus dan menghitung stok yang ada secara bergiliran

4. Pengendalian Stok Barang

Mengelola Stok Barang dengan Baik dan Benar

Pengendalian barang merupakan manajemen barang yang mencakup operasional, mengenai barang masuk, barang keluar, penyimpanan, dan pelaporan ketersediaan stock dan pengadaan yang dibutuhkan. Memang pada dasarnya aktivitas operasional itu sendiri nampak sangat monoton dan tidak dinamis, namun mengharuskan adanya stok barang wajib mengelola operasional ini secara baik dan tepat.

Baca juga : Manfaat Yang Didapatkan Jika Download Software Kasir Gratis

Kesalahan dalam pengendalian bisa berakibat fatal dan menjadi kerugian yang sebenarnya tidak perlu terjadi, khususnya pada stock barang yang memiliki masa kadaluarsa yang singkat, atau rentan pada kondisi cuaca dan ruangan penyimpanan. Untuk menghindari kerugian tersebut dibutuhkan analisa yang mendukung sebagai berikut :

  • Pastikan mengetahui dan mengenal jenis barang dagangan yang disimpan serta cara memperlakukannya.

  • Terapkan sistem administrasi dan dokumentasi yang mampu memonitor arus keluar, masuk, dan stok barang.

  • Terapkan sistem random check baik harian atau mingguan jika stock yang disimpan dalam beberapa jenis barang.

  • Standard Operational Procedure (SOP)

Membuat Standard operational procedure (SOP) agar segala aktivitas dapat dilakukan secara terperinci dan jelas guna menerima dan menangani stok barang dengan baik. Karena sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin, mempermudah opersional kerja semua pihak yang terlibat dalam mengelola stok barang serta mempermudah mencari hambatan–hambatan yang terjadi dalam pengelolaan stok barang.

>>> Download Aplikasi Inventory / Aplikasi Stok Barang Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :