5 Cara Ampuh Mengatasi Piutang Tak Tertagih

Bagikan Halaman Ini :

Mengatasi Piutang Tak Tertagih – Sebagian dari Anda adalah seorang pengusaha yang mungkin pernah mengalami masalah piutang yang macet sehingga menghambat perkembangan bisnis Anda. Piutang macet merupakan salah satu gejala yang dapat menghambat kelancaran bisnis. Hal tersebut juga dapat menyebabkan cashflow (arus kas) jadi seret.

Ketika cash masuk tidak lancar, sehingga perkembangan bisnis akan terganggu jika cash masuk tidak lancar. Tidak hanya itu, cash masuk tidak lancar juga berpengaruh pada pembelian stok atau persediaan barang lain dan pembayaran biaya operasional Anda yang menjadi tertunda akibat kas yang minus.

Hal-hal yang mengerikan diatas dapat terjadi pada perusahaan Anda, umumnya diakibatkan karena tidak dilakukan pencatatan piutang sehingga tidak punya laporan piutang yang akan ditagih saat akhir bulan.

Untuk mengatasinya Anda bisa rutin untuk melakukan pencatatan terhadap piutang yang masuk. Bila Anda memiliki catatan piutang, maka pada akhir bulan Anda bisa membuat laporan piutang agar masalah piutang macet tidak terjadi lagi. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan 5 cara ampuh ini untuk Mengatasi piutang macet tak tertagih.

5 Cara Ampuh Mengatasi Piutang Tak Tertagih

Mengatasi Piutang tak Tertagih

1. Terapkan Kebijakan Jatuh Tempo
Jatuh tempo merupakan batas waktu akhir pembayaran yang harus dilakukan oleh pihak terutang. Bila sebelumnya perusahaan menerapkan jatuh tempo 30 hari, untuk menghindari piutang macet maka bisa dikurangi jatuh temponya menjadi 15 hari atau hanya menerima pembelian secara tunai.

2. Sering Lakukan Follow Up.
Cara yang pertama merupaka cara umum yang wajib dilakukan setiap perusahaan. Dengan sering melakukan follow Up terhadap piutang yang belum dibayar oleh pihak yang bersangkutan, maka potensi untuk dibayarnya piutang tersebut lebih besar.

Ada kemungkinan pihak yang memiliki hutang lupa bila mereka masih punya piutang yang harus dibayar. Untuk itu perlu dilakukan follow up sehingga tidak sampai menjadi piutang yang tak tertagih

Baca Juga : MENGELOLA PIUTANG DAGANG EFEKTIF YANG SOFTWARE AKUNTANSI

3. Tagih secara Agresif
Apabila cara yang pertama sudah dilakukan namun belum ada hasil, maka Anda perlu melakukan tindakan yang lebih terhadap pihak yang memiliki hutang untuk menagih piutang yang belum lunas. Anda bisa memberikan surat teguran atau peringatan untuk pihak yang terutang.

Hal ini secara perlahan akan membuat pihak terutang terbiasa melakukan pelunasan secepat mungkin. Jadi masalah piutang yang tak tertagih kemungkinan tidak akan terjadi lagi

4. Kenakan Denda Keterlambatan
Dengan mengenakan biaya denda keterlambatan, tentunya akan membuat pihak terutang berifikir dua kali bila saat telat membayar hutang yang harus dibayar. Karena semakin terlambat dari waktu yang sudah ditentukan, maka semakin banyak pula jumlah hutang yang harus dibayar.

Baca Juga : PENCATATAN JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG

5. Blacklist Customer yang Menunda Pembayaran
Bila sudah menggunakan tiga cara di atas namun hasilnya nihil, maka Anda bisa melakukan blacklist terhadap customer yang menunda pembayaran. Mungkin terbilang agak kontroversi, tapi hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami piutang macet.

Mengatasi Piutang Tak Tertagih dengan Software Akuntansi

Mengatasi Piutang tak Tertagih

Namun cara di atas belum dapat dilakukan bila Anda belum memiliki catatan piutang dan laporannya. Akan lebih mudah bila Anda memiliki beberapa laporan piutang seperti laporan kartu piutang, atau laporan piutang jatuh tempo.

Alangkah baiknya jika mulai sekarang perusahaan Anda membuat pencatatan piutang yang rutin dan membuat laporannya agar terhindar dari piutang yang tak tertagih. Anda juga bisa menerapkan kebijakan limit piutang agar customer Anda merasa terbebani sehingga mereka akan segera melunasi hutang mereka.

Namun untuk menerapkan kebijakan limit piutang tidak akan bisa berjalan mulus tanpa adanya sistem yang terkendali.

Bila Anda merasa membuat laporan piutang itu membutuhkan banyak waktu, atau Anda bingung bagaimana menerapkan limit piutang, Anda bisa menggunakan software yang sudah mendukung pencatatan piutang secara otomatis dan bisa mengontrol limit piutang Anda.

>>> Download Aplikasi Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT