Ini Dia Strategi Jitu Menentukan Harga Jual Produk

Bagikan Halaman Ini :

Menentukan Harga Jual – Tentu tidak sedikit dari anda yang masih bingung dalam menentukan harga jual produk yang pas dan tepat, harga jual sangat berkaitan dengan tingkat penjualan dan tingkat keuntungan. Inilah yang menjadi dilema para pelaku bisnis menentukan harga yang tepat akan mempengaruhi laku atau tidaknya produk kita di pasaran.

Secara tidak langsung, konsumen akan terpengaruh untuk membeli produk Anda apabila anda berhasil menentukan harga jual yang tepat. Jika nanti menetapkan harga terlalu mahal, dikhawatirkan pelanggan akan keberatan dalam membeli produk. Sedangkan jika produk terlalu murah, di takutkan akan menghasilkan laba dengan tingkat yang rendah. Maka dari itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam menentukan harga jual produk, berikut ulasannya.

Ini Dia Strategi Jitu Menentukan Harga Jual Produk

Menentukan Harga Jual Produk

1. Menentukan harga pokok

Dalam menentukan harga jual, anda harus mengetahui harga pokok suatu produk yang akan dijual. Hal tersebut bisa diketahui melalui beberapa hal, seperti melihat harga pokok suatu produk ditambah dengan biaya-biaya lainnya.

Ini artinya anda harus benar-benar jeli dan teliti dalam menghitung biaya yang terjadi, pastikan bahwa tidak ada biaya yang tidak anda masukkan dalam perhitungan. Jika saja ada biaya yang tidak anda hitung, akan menyebabkan harga yang tidak tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap tingkat keuntungan, atau lebih parahnya akan menyebabkan kerugian.

Namun, jika Anda mengambil produk dari seorang pedagang maka sebaiknya bandingkan terlebih dahulu dengan yang lainnya. Jika memang harga pokok yang didapat dari agen sudah terlalu tinggi maka Anda sebaiknya mengurangi jumlah laba yang diinginkan agar bisa mendapatkan harga jual yang tetap dapat bersaing dengan yang lainnya.Sesuaikan dengan kondisi pasar

Baca Juga : INILAH CARA MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN TOKO YANG WAJIB ANDA COBA!

2. Sesuaikan dengan kondisi pasar

Menyesuaikan harga jual dengan kondisi pasar juga merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan harga jual. Sebelum menentukan harga sebaiknya anda mencaritahu seberapa butuhkah masyarakat dengan produk anda? Apakah produk yang anda jual sudah dikenal? Jika produk yang akan dijual memang sudah dikenal secara luas maka Anda bisa menentukan harga yang tinggi.

Artinya, produk yang dijual memang memiliki permintaan yang cukup tinggi sehingga membuat Anda mudah untuk menentukan harga tinggi. Namun jika persaingannya cukup ketat, maka keuntungan yang didapat pun juga tidak terlalu besar. Oleh karena itu, Anda tetap harus menyesuaikan dengan kondisi pasar agar bisa menentukan harga yang tepat dengan selisih keuntungan cukup tinggi.

3. Memantau harga pesaing

Cara termudah untuk menentukan harga jual suatu produk yang tepat adalah dengan melihat harga jual yang sudah ditentukan oleh pesaing. Paling tidak, Anda sudah memiliki patokan untuk menentukan harga jual dengan menyesuaikan harga jual milil pesaing.

Namun, Anda tetap bisa menentukan harga jual sendiri yang lebih kompetitif dengan melihat banyak faktor. Diantaranya adalah kualitas pelayanan, lokasi strategis, tempat yang lebih mewah ataupun karena sudah memiliki pelanggan tetap yang banyak.

Baca Juga : CARA BERDAGANG YANG BAIK DAN MENGUNTUNGKAN

4. Bertujuan khusus

Ketika hendak menentukan harga produksi, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. Dimana anda menentukan harga dikarena pertimbangan khusus seperti meningkatkan nilai penjualan ataupun meningkatkan image produk. Hal tersebut dinilai pantas jika harga dapat memberikan keuntungan yang diharapkan sehingga tidak memiliki kesamaan dengan pesaing lainnya.

Sekarang sudah tahu kan, harus apa yang anda lakukan untuk melakukan markup produk anda?  Tentukan sendiri ya boss, jangan lupa setiap 6bulan sekali melakukan review nilai usaha anda. Agar anda tahu posisi anda saat ini ada dimana.

>>> Download Software Toko Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT