Manajemen Hutang Piutang Perusahaan dengan Software Akuntansi ITBrain Indonesia

Bagikan Halaman Ini :

Manajemen Hutang Piutang Perusahaan – Tidak peduli seberapa besar skala dan ukuran dari bisnis Anda, membayar tagihan hutang atau menagih pembayaran piutang akan selalu menjadi bagian dari bisnis Anda. Keduanya sangat penting bagi perusahaan karena berhubungan langsung dengan arus kas perusahaan. Dengan menerapkan praktek pengelolaan hutang piutang dari bisnis yang lebih baik, arus kas perusahaan Anda dapat semakin terkendali, sehingga Anda bisa lebih fokus untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis menjadi lebih baik di masa mendatang. Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat membantu Anda untuk mengelola tagihan-tagihan hutang dan penagihan piutang agar lebih baik lagi, diantaranya;

Manajemen Hutang Piutang Perusahaan

Manajemen Hutang Piutang Perusahaan dengan Software Akuntansi

1. Perbaiki Pengelolaan Tagihan Hutang Anda Dengan Cara:

  • Pada saat staff akuntansi sudah mempersiapkan cek berjalan, mereka juga harus memiliki faktur yang sudah disetujui oleh kepala departemen.
  • Berdayakan para staff Anda untuk membuat keputusan secara mandiri untuk melakukan pembayaran parsial terhadap saldo yang lebih besar, atau dengan menunda pembayaran terhadap para vendor yang memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap tanggal jatuh tempo.

2. Menerapkan Teknologi Informasi, salah satunya dengan menggunakan Software Akuntansi

  • Menganalisis & mengurangi terjadinya berbagai kesalahan seperti membayar jumlah tagihan yang tidak benar, membayar dengan tanggal yang terlalu dini atau terlalu lambat dari tanggal jatuh temponya.
  • Mengurangi jumlah cek berjalan, setidaknya dua per bulan paling banyak.
  • Memastikan bahwa modul hutang dari akun software akuntansi Anda sudah disiapkan dengan benar sehingga transaksi dapat mengalir dengan baik. Anda bisa menggunakan Bee accounting untuk memastikan bahwa software akuntansi dan akun modul hutang-piutang sudah benar-benar dikonfigurasi dengan benar.

Seperti yang kita ketahui, hutang merupakan uang untuk operasional bisnis yang harus segera Anda bayarkan, seperti halnya tagihan yang masih belum dibayar dan faktur untuk berbagai keperluan kantor, sedangkan piutang merupakan tagihan untuk klien Anda yang harus segera Anda tagihkan demi kelancaran arus kas perusahaan Anda.

Baca juga : 5 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

Dokumen yang digunakan dalam pencatatan piutang ke dalam kartu piutang diantaranya sebagai berikut :

  • Faktur penjualan, sebagai dasar pencatatan timbulnya piutang dari transaksi penjualan kredit. Dokumen ini juga dilampiri dengan surat muat (bill of lading) dan surat order pengiriman sebagai dokumen pendukung untuk mencatat transaksi penjualan kredit.
  • Bukti Kas Masuk, sebagai dasar pencatatan berkurangnya piutang dari transaksi pelunasan piutang oleh debitur. Dasar pencatatan ke dalam kartu piutang digunakan surat pemberitahuan (remittance advice) sebagai dokumen sumber.
  • Memo Kredit, sebagai dasar pencatatan retur penjualan. Memo kredit dikeluarkan oleh bagian order penjualan dan jika dilampiri dengan laporan penerimaan barang yang dibuat oleh bagian penerimaan, merupakan dokumen sumber untuk mencatat transaksi retur penjualan.
  • Bukti Memorial (Journal Voucher), yang merupakan dokumen sumber untuk dasar pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum, yang dikeluarkan oleh fungsi kredit yang memberikan otorisasi penghapusan piutang yang sudah tidak dapat ditagih lagi. Dalam pencatatan piutang, dokumen ini digunakan sebagai dasar pencatatan penghapusan piutang.

Pada dasarnya pembuatan laporan Hutang & Piutang bertujuan untuk mencatat mutasi hutang piutang perusahaan yang terjadi karena transaksi penjualan kredit, retur penjualan, penerimaan kas dari piutang, penghapusan piutang, dan juga pencatatan sistem akuntansi utang yang meliputi prosedur pencatatan distribusi pembelian berupa pengembalian barang yang dibeli kepada pemasok yang bersangkutan.

Mengatur hutang piutang sangat penting didalam suatu perusahaan, untuk keperluan kelancaran arus kas dan deteksi dini jika terjadi kebocoran dalam penggunaan dana perusahaan.

>>> Download Aplikasi Manajemen Hutang Perusahaan Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :