Pentingnya Faktur Penjualan dalam Akuntansi Keuangan

Bagikan Halaman Ini :

Faktur penjualan Akuntansi – Faktur penjualan bukan lagi istilah yang asing dalam dunia akuntansi terutama akuntansi keuangan. Bahkan faktur termasuk hal yang penting untuk bagian akuntansi karena faktur penjualan merupakan bukti transaksi penting yang digunakan untuk pencatatan pembukuan.

Secara definisi, faktur penjualan merupakan bukti transaksi untuk penagihan pembayaran atas barang atau jasa yang dipakai. Oleh karena itu informasi yang ada dalam faktur harus jelas dan detail, seperti barang, jumlah kuantitas, harga, jumlah utang, informasi pembeli dan penjual, jangka waktu.

Pentingnya Faktur Penjualan dalam Akuntansi Keuangan

Faktur Penjualan

Karena faktur penjualan merupakan hal yang penting dalam akuntansi maka ada baiknya Anda lebih paham dalam lagi. Sehingga pengelolaan keuangan akan lebih baik. Berikut ulasan mengenai pentingnya faktur penjualan dalam akuntansi keuangan:

Faktur Penjualan & Buku Besar

Faktur penjualan merupakan salah satu pendapatan bagi perusahaan Anda. Apabila sistem akuntansi Anda menggunakan metode akrual, maka Anda dapat mengakui pendapatan penjualan sebelum konsumen Anda membayar uang atas transaksinya.

Faktur  ini merupakan item yang akan dimasukkan dalam buku besar Anda. Sehingga total penghasilan perusahaan adalah jumlah total dari semua faktur penjualan ditambah dengan penghasilan-penghasilan lain dari usaha Anda.

Faktur Penjualan & Piutang Usaha

Faktur penjualan juga berhubungan dengan  piutang usaha. Seperti yang diketahui, bahwa piutang usaha merupakan istilah akuntansi untuk menjelaskan transaksi penjualan yang dilakukan secara kredit. Sistem akuntansi keuangan Anda sebaiknya memiliki sistem yang dapat melacak faktur penjualan yang sudah dibayar atau belum oleh konsumen Anda serta transaksi-transaksi mana yang merupakan pendapatan yang masih perlu dikumpulkan.

Dengan melacak piutang usaha memungkinkan Anda untuk memperoleh pendapatan secara efisien. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui informasi tentang kekurangan arus kas apakah berasal dari volume penjualan yang rendah atau karena pelanggan Anda terlambat membayar.

Baca juga : SOLUSI CERDAS MANAJEMEN KASIR TOKO

Faktur Penjualan & Penagihan

Penagihan merupakan suatu proses akuntansi keuangan untuk memberikan laporan kepada konsumen Anda dengan saldo terutang. Jadi Anda memberikan informasi tentang berapa banyak utang mereka beserta dengan tanggal jatuh tempo nya.

Proses penagihan ini akan membantu pelanggan Anda mendapatkan informasi yang jelas tentang utang mereka. Sehingga Anda sebagai pengusaha sebaiknya membuat program atau sistem yang mendorong atau memfasilitasi pembayaran pelanggan. Misalnya, membuat sistem penagihan yang terotomatis untuk langsung melacak faktur penjualan dan piutang.

Faktur Penjualan & Penganggaran

Faktur penjualan juga merupakan alat yang penting dalam hal penganggaran akuntansi keuangan. Hal ini karena faktur penjualan dapat memberikan Anda informasi tentang berapa banyaknya pendapatan yang Anda harapkan untuk periode selanjutnya. Misalnya, Anda menghitung semua faktur  pada periode berjalan kemudian didapatkan hasil yang cukup besar, maka akan masuk akal jika perusahaan atau bisnis Anda merencanakan pembelian inventaris atau peningkatan modal.

Hal ini karena ada kemungkinan Anda untuk menerima pendapatan dari faktur yang belum dibayar. Namun, untuk melakukan hal ini Anda juga harus menganalisis lebih teliti dalam penganggaran. Jangan sampai salah perhitungan dalam anggaran, karena bisa merugikan bisnis Anda sendiri.

Baca juga : MANFAAT APLIKASI KASIR UNTUK PENGUSAHA UMKM

Mengelola Faktur Penjualan Akuntansi dengan Software Akuntansi

Untuk semakin memudahkan anda dalam mengelola faktur penjualan, kini anda dapat mengelolanya dengan menggunakan Software Akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi dapat; Memudahkan pembuatan Laporan Keuangan dan Tidak memakan waktu lama, Laporan dapat langsung dilihat begitu anda input ke dalam sistem, Meminimalkan kesalahan perhitungan, karena perhitungan sudah otomatis dilakukan sistem, Terintegrasi dengan satu sama lain, antara akunting, penjualan, pembelian, gudang, bahkan bisa dilihat secara online dari luar kantor atau lain cabang, Kerja Hanya satu kali, dan bagiannya masing-masing saja. Karena dengan software, semua akan saling terintegrasi, dan masih banyak lagi. Ayo gunakan software akuntansi sekarang juga!

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :