Cerdas Mengelola dan Mengembangkan Bisnis Klinik

Bagikan Halaman Ini :

Cerdas mengelola dan mengembangkan bisnis klinik – Bisnis dapat diibaratkan perang yang terus menerus, memenangkan pasar & memenangkan persaingan agar performance dapat selalu ditingkatkan. Perang dalam bisnis merupakan perang asimetris.

Melalui pemasaran saja kita dapat melihat betapa perusahaan besar lebih mampu untuk melakukan pemasaran besar-besaran dengan memanfaatkan beragam alat promosi dan dilakukan terus menerus.

Cerdas Mengelola dan Mengembangkan Bisnis Klinik

Cerdas Mengelola dan Mengembangkan Bisnis Klinik

Bagaimana dengan perusahaan kecil?

Bila kemampuan perusahaan terbatas dan mungkin sebagai pemula, tidak mungkin melakukan perang terbuka. Tidak perlu berusaha menjadi market leader, tetapi kita harus dapat mencari dan menemukan KEUNGGULAN bersaing yang dapat ditonjolkan.

Ingat, perilaku konsumen terus berubah dan perusahaan harus jitu mengamati perubahan tersebut. Siapa yang dapat dan cepat memanfaatkan informasi, mungkin dapat memenangkan persaingan terhadap “raksasa” yang lebih perkasa.

Perusahaan harus fleksibel dan mengambil keputusan dengan cepat merespon perubahan tersebut. Hal tersebut yang menjadi filosofi dasar bahwa perusahaan kecil (misalnya: klinik) belum tentu kalah bersaing dengan perusahaan besar.

Dengan strategi jitu, database yang kuat, membaca peta persaingan, maka perusahaan yang mungkin dianggap “semu” dapat eksis sesuai pangsa pasarnya.

Filosofi sederhana bahwa orang sering lupa bahwa yang “kecil” itu dapat lebih lincah dibandingkan “gajah” yang gemuk dan besar, yang lamban dalam bergerak dan mengambil keputusan. Perubahan yang terjadi baik di iinternal organisasi (perusahaan) maupun dilingkungan eksternal menuntut adaptasi yang progresif agar tidak tenggelam ditelan zaman.

Baca Juga : SYARAT MEMBUAT SIUP (SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN) PERSEORANGAN

Tumbuh dengan Jejaring

Pesatnya perkembangan teknologi terutama informasi digital yang telah membuat manusia tidak lagi mengenal batasan waktu, ruang dan geografis. Transaksi bisnis dilakukan tanpa ada hambatan waktu. Konsep-konsep seperti e-business, m-business memudahkan orang untuk terkoneksi. Konsep itulah yang dapat kita gunakan sebagai peluang untuk mengembangkan jaringan.

Masih banyak bisnis (baca: Klinik kesehatan) yang dalam pengembangannya masih menggunakan cara yang konvensional, masih belum mengintegrasikan semua proses dari hulu ke hilir dengan memanfaatkan sistim informasi terkini.

Konsep waralaba ini masih sangat menjanjikan untuk sebuah klinik kedepannya. Lihat suksesnya Apotek K-24, Apotek Viva Generic, Guardian, dll berkembang pesat tanpa orang lain mengetahui percepatan bisnisnya. Tentunya hal tersebut juga di dukung SDM dengan budaya kerja yang terstandarisasi.

Dengan strategi yang jitu yang terkalkulasi, optimalisasi SDM maka secara tidak langsung dapat berdampak pada tumbuhnya budaya organisasi yang menjadi ruh perusahaan.

Budaya organisasi yang kuat dapat menjadi pemersatu SDM dalam perusahaan untuk memenangkan persaingan. Tidak ada perusahaan yang berhasil dengan budaya organisasi yang lemah dan simpang siur.

Baca Juga : APLIKASI KLINIK VERSI ANDROID MOBILE( PROKLINIK )

Dasar Hukum dan Potensi

Kita tinggal dinegara hukum, oleh karena itu dalam mengembangkan bisnis Klinik ada aturan dan atau regulasi yang harus kita ikuti. Adanya aturan tidak menghambat, justru kita dapat memanfaatkan sebagai peluang untuk menjaga mutu dari bisnis yang kita jalankan.

Peraturan Menteri Kesehatan nomor 411 tahun 2010 tentang Laboratorium Klinik jelas menegaskan bahwa untuk menjaga standar mutu laboratorium maka ditetapkanlah Permenkes.

  • Ketentuan umum
  • jenis dan klasifikasi
  • penyelenggaraan
  • persyaratan
  • bangunan
  • sarana prasarana
  • peralatan
  • kemampuan pemeriksaan
  • ketenagaan
  • perizinan
  • rujukan
  • pencatatan
  • pelaporan

semuanya telah diatur dengan jelas di dalam Peraturan tersebut. Artinya dalam menjalankan Bisnis Klinik ada payung hukum dan kita tidak takut kalau sesuai dengan jalurnya. Perizinan akan kita urus lengkap sesuai spesifikasi yang terdapat didalam peraturan. Jadi kedepan, pengembangan jejaring Klinik kesehatan masih sangat menjanjikan.

Ilustrasi diatas mengisyaratkan, jika kita dapat memanfaatkan peluang dan menerapkan konsep dasar diatas maka bisnis Klinik ini akan tumbuh dan berkembang. Dan yang perlu kita ingat adalah Bisnis di Klinik adalah Bisnis yang menjual Harapan. Artinya dengan menggunakan jasa kita maka konsumen akan mengetahui dan merasakan perubahan yang diharapkannya

>>> Download Software Untuk Klinik Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT