Analisis Laporan Keuangan

Bagikan Halaman Ini :

Analisis Laporan Keuangan – Laporan keuangan merupakan informasi keuangan yang berupa catatan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi, yang dapat digunakan guna menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan ini biasanya di lakukan dengan cara mencatat rekapan dari setiap transaksi keuangan yang terjadi di setiap individu atau bidang usaha.

Analisis Laporan Keuangan

Analisis Laporan Keuangan

Nah, di era modern seperti sekarang ini sudah banyak berkembang teknologi modern yang dapat mempermuda manusia dalam bekerja. Penerapan teknologi ini dapat dikaitkan dengan maju tidaknya suatu peradaban. Oleh karena itu, perkembangan teknologi mendorong hampir semua sektor untuk mengembangkan menggunakan teknologi, termasuk sektor ekonomi yang berhubungan erat dengan laporan keuangan suatu bidang usaha.

Suatu laporan keuangan sendiri biasanya meliputi; neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, & laporan arus kas. Dikarenakan cukup banyak bentuk-bentuk laporan keuangan, maka diperlukan yang namanya analisis laporan keuangan yang bertujuan untuk meneliti, mengevaluasi dan memprediksi keuangan suatu bidang usaha. Didalam laporan keuangan yang pertama adalah:

  • Neraca
    Neraca merupakan laporan posisi keuangan, termasuk bagian dari laporan keuangan yang dihasilkan dari periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan suatu perusahaan, di neraca sendiri terdiri dari beberapa unsur, yaitu; aset, liabilitas, dan ekuitas yang terhubung dengan persamaan akuntansi.
  • Laporan laba rugi
    Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang dihasilkan dari periode akuntansi yang didalamnya terdapat unsur dari pendapatan usaha/non usaha serta beben usaha yang di gabungkan serta merupakan hasil akhir dari itu adalah laba bersih dan rugi bersih.

Baca juga : 5 LANGKAH MUDAH MENGHITUNG KEUNTUNGAN USAHA ANDA

  • Laporan perubahan modal (ekuitas)
    Laporan perubahan modal merupakan laporan yang disusun setelah adanya laporan neraca dan laporan laba rugi, dikarenkan berasal dari laporan laba bersih dan rugi bersih yang bersumber dari neraca dan laporan laba/rugi yang digunakan untuk menggambarkan keadaan modal sebenarnya.
  • Laporan arus kas
    Laporan arus kas merupakan laporan yang paling dibutuhkan dari sebuah laporan keuangan. Dalam pelaksanaannya, laporan arus kas bisa menggambarkan tentang penggunaan uang kas, yang terbagi menjadi tiga bagian aktivitas dari sebuah perusahaan atau bisa dihubungkan dengan masalah penggunaan kas selain perusahaan. Laporan kas di bagu menjadi 3, yaitu kas dari kegiatan operasi, kas dari kegiatan inventasi, dan kas dari kegiatan pendanaan.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Analisis Laporan Keuangan

Tujuan dari analisis laporan keuangan sendiri ialah salah satunya sangat di butuhkan oleh pihak yang memiliki kepentingan apabila terdapat 2 periode yang dibandingkan atau bisa lebih, dan telah dilakukan analisa lebih lanjut untuk memperoleh data yang akan mendukung dalam hal pengambilan sebuah keputusan.

Analisa laporan keuangan dapat dilakukan dengan cara mempelajari hunbungan, serta melihat kecenderungan yang akan membantu dalam menentukan posisi keuangan perusahaan dan dari hasil perusahaan yang melakukan analisis laporan keuangan. Beberapa teknik dalam menentukan analisis sebuah laporan keuangan perusahaan yaitu.

  • Analisis Tren
    analisis tren bisa disebut dengan analisis dari waktu ke waktu, yaitu analisis tren dapat membatu manajer keuangan untuk menentukan, perusahaan sekarang ini cenderung melakukan kinerja dari waktu ke waktu atau tidak.
  • Analisis Presentase Perubahan
    analisis laporan keuangan ini digunakan dalam bentuk penghitungan tingkat pertumbuhan dari akun akun laporan laba rugi & neraca terhadap tahun dasar. Dengan adanya tenik ini, dapat melihat bagaimana akun akun laporan laba rugi & akun neraca tumbuh atau relatif menurun seiring pertumbuhan atau penurunan dari penjualan dan total harta/aset.

Baca Juga : CARA MENGHITUNG GAJI KARYAWAN PERUSAHAAN YANG BAIK DAN BENAR

  • Analisis industri
    analisis dari laporan keuangan yang melibatkan perbandingan perusahaan dengan perushaan lain di bidang industri yang sama untuk melihat bagaimana perusahaan melakukan investasi berbentuk uang dibandingkan dengan industri lainya.
  • Analisis Common-size ( presentase per komponen)
    analisis ini ialah analisis yan disusun dengan cara menghitung tiap-tiap akun rekening akuntansi dalam bentuk laporan laba-rugi dan neraca, menjadi proporsi dari sebuah total dari penjualan

Nah, itulah artikel mengenai analisis laporan keuangan. Untuk semakin memudahkan anda dalam melakukan analisis laporan keuangan, anda dapat menggunakan Software Akuntansi “The Akun” oleh ITBrain Indonesia. Software Akuntansi kami merupakan software akuntansi terbaik yang dapat memudahkan anda dalam mengerjakan berbagai laporan keuangan dengan cepat, tepat dan efektif.

>>> Download Software Akuntansi Gratis, Klik Disini <<<

Bagikan Halaman Ini :

ADD YOUR COMMENT